Opini

Demo Nelayan

Nelayan tradisional berunjukrasa di Kantor DPRD Kota Tanjungbalai untuk mencari perlindungan dan men...

Polisi Tembak Mati Pelaku Kejahatan

Kapolresta Medan Kombes Mardiaz melihat petugas Ident Polresta Medan melakukan pemeriksaan terhadap ...

Calhaj Sumut Siap Berangkat

PETUGAS HAJI: Gubsu HT Erry Nuradi diabadikan bersama petugas haji embarkasi Medan yang baru dilanti...

Kobayashi Lahap Puluhan Mie Goreng Dalam Tiga Menit Saja

  Kobayashi Lahap Puluhan Mie Goreng Dalam Tiga Menit Saja JAKARTA (Waspada): Pemegang enam reko...

DICARI : Foto Kelas SR 65 Medan Tahun 1963

MEDAN (Waspada): Beberapa alumni Sekolah Dasar 65 (dulu SR 65) Jl Sena Medan tahun ajaran 1957-1...

Siswa SD Berlaga di Kejuaraan Catur Dunia

JAKARTA (Waspada): Sebanyak enam siswa SD  berlaga di Asian Youth Chess Championship di Mongolia. Me...

Ludes Terbakar

RUMAH yang ludes terbakar dan menewaskan Bryan di Dusun V Bukit Cermin Hulu, Desa Dolok Sagala, Kec....

Mimbar Jumat

Demo Nelayan...

Nelayan tradisional berunjukrasa di...

Polisi Tembak Mat...

Kapolresta Medan Kombes Mardiaz mel...

Calhaj Sumut Siap...

PETUGAS HAJI: Gubsu HT Erry Nuradi ...

Kobayashi Lahap P...

  Kobayashi Lahap Puluhan Mie Go...

Lentera

Demo Nelayan...

Nelayan tradisional berunjukrasa di...

Polisi Tembak Mat...

Kapolresta Medan Kombes Mardiaz mel...

Calhaj Sumut Siap...

PETUGAS HAJI: Gubsu HT Erry Nuradi ...

Kobayashi Lahap P...

  Kobayashi Lahap Puluhan Mie Go...

Lentera Ramadhan

Demo Nelayan...

Nelayan tradisional berunjukrasa di...

Polisi Tembak Mat...

Kapolresta Medan Kombes Mardiaz mel...

Calhaj Sumut Siap...

PETUGAS HAJI: Gubsu HT Erry Nuradi ...

Kobayashi Lahap P...

  Kobayashi Lahap Puluhan Mie Go...

Banner
Calhaj Sumut Siap Berangkat PDF Print E-mail
Features | Top Stories
Written by muhammad faisal on Wednesday, 27 July 2016 08:27   
Share

 

PETUGAS HAJI: Gubsu HT Erry Nuradi diabadikan bersama petugas haji embarkasi Medan yang baru dilantik di Asrama Haji Medan, Selasa (26/7). (Waspada/Surya Efendi/B)

MEDAN(Waspada): Jamaah calon haji(Calhaj) Kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Medan, asal Padanglawas, akan berangkat ke Tanah Suci pada 9 Agustus langsung ke Madinah, dengan penerbangan Garuda Indonesia Airways(GIA).

"Tahun ini pemerintah menggunakan penerbangan GIA dan Saudi Arabia untuk membawa  Calhaj dari Indonesia menuju Tanah Suci," Kata  Sekretaris Direktur Jendral Penyelenggara Haji dan Umrah  Kementerian Agama RI, Hasan Fauzi Ak MSi saat berlangsungnya pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Medan, diketuai  Kakanwil Kemenagsu Drs H Tohar Bayoangin MAg dan Sekretaris Drs H Bahrum Saleh serta pelaksanaan  test makanan Calhaj di pesawat saat keberangkatan dan kepulangan,di Asrama Haji Medan,Selasa(26/7).

Hadir,Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumut, Drs H Tohar Bayoangin MAg,Kankemenag Kabupaten/Kota se Sumut serta instansi terkait lainnya.

Lebih lanjut dikatakan Fauzi, dalam rangka memberi pelayanan lebih baik kepada Calhaj, saat ini pemerintah telah hampir rampung menyelesaikan persiapan keberangkatan Calhaj dari tanah air dan pengadaan fasilitas di
Tanah Suci secara menyeluruh, baik pemondokan maupun bus selawat untuk Calhaj dari pemondokan.

Tahun ini,sambung dia, jadwal keberangkatan diawali pada 9 Agustus dan berakhir pada 5 September mendatang. "Penerbangan yang akan digunakan Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines,"katanya yang menyebut gelombang pertama akan langsung ke Madinah dan gelombang kedua langsung ke Jedah.

Dia menambahkan, dengan pelantikan petugas haji ini diharapkan mampu menangani jamaah secara profesional,sehingga pelayanan yang diberikan sesuai dengan kehendak pemerintah yang akan memberikan pelayanan prima untuk jamaah.

PT Garuda Indonesia akan menerbangkan jamaah haji Indonesia pulang pergi Embarkasi Aceh, Medan, Padang, Jakarta-Pondok Gede (khusus Provinsi DKI, Jakarta, Banten dan Lampung), Solo, Balikpapan, Makasar dan Lombok, Saudi Arabian Airlines akan menerbangkan jamaah haji asal Embarkasi Batam, Palembang, Jakarta-Bekasi (khusus Provinsi Jawa Barat), Surabaya dan Banjarmasin.‬

"Penyelenggaraan operasional haji akan dimulai dengan pemberangkatan kloter pertama pada tanggal 9 Agustus 2016 tujuan Bandara AMAA (Amir Muhammad Bin Abdul Aziz) Madinah dan terakhir pada tanggal 5 September 2016 tujuan Bandara KAIA (King Abdulaziz International Airport) Jedah, pemulangan akan dimulai tanggal 17 September 2016 melalui Bandara KAIA Jedah dan pemulangan terakhir tanggal 14 Oktober 2016 melalui Bandara AMAA Madinah," ungkapnya.‬

Hasan Fauzi juga menjelaskam, jamaah haji hanya diberikan air zam zam sebanyak 5 liter (1 galon), air zam zam tersebut akan diterima jemaah haji di asrama haji debarkasi saat pemulangan.‬

Dia mengungkapkan, pelayanan akomodasi di MAdinah berada pada wilayah Markaziah dengan jarak terjauh 650 meter dari Masjid Nabawi. Penyewaan dilakukan dengan sistem sewa semi musim (blocking time) sesuai dengan jadwal kedatangan di Madinah.

Sedangkan Kakanwil Kemenagsu Drs H Tohar Bayoangin MAg menyebutkan, tahun ini  kuota haji Sumatera Utara berjumlah 6588 orang dan PPIH Embarkasi Medan sudah siap melayani jamaah haji dan saat ini telah ditentukan 17 kloter kabupaten/kota yang akan mulai diberangkatkan tanggal 9 Agustus 2016 mendatang.‬

Tohar menjelaskan, tahun ini penentuan (qurah) kloter berbeda dari tahun lalu, tahun lalu penentuan kloter mengundang dari SKPD Sumatera Utara, KBIH dan Kementerian Agama kabupaten/kota tahun ini penentuan kloter berdasarkan kelengkapan berkas (dokumen), kabupaten/kota yang paling awal menyiapkan dokumen (pasport, manifes, pelunasan biaya haji) maka akan mendapat kloter awal.‬

Berharap Terbaik

Gubsu HT Erry Nuradi dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional yang menjadi tanggung jawab pemerintah, pemerintah berkewajiban memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya melalui sistem dan manajemen penyelenggaraan yang baik agar pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan aman, tertib dan nyaman.

Maka, kata dia , petugas haji harus bisa mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji, karena menyangkut kesejahteraan lahir dan batin jamaah haji, juga menyangkut nama baik dan martabat bangsa Indonesia di luar negeri, khususnya di Arab Saudi. "Mengingat pelaksanaannya bersifat massal dan berlangsung dalam jangka waktu yang terbatas. Maka saya berharap Embarkasi Medan bisa mempertahankan nama baik yang sudah diraih selama ini," katanya.

Gubsu juga mengucapkan selamat kepada petugas yang baru dilantik dan mengharapkan agar bekerja dengan sungguh-sungguh dan ikhlas sehingga jamaah haji merasa diayomi, diperhatikan dan dilayani dengan baik.

Usai acara juga dilaksanakan meal test makanan yang akan disajikan kepada jamaah haji selama berada di pesawat Garuda Indonesia saat kkeberangkatan dan kepulangan dengan makanan sesuai selera masyarakat Sumut dengan pilihan nasi dan lauk ikan serta daging maupun sayur serta makanan dan minuman ringan lainnya.(m37/J)

 



Tags: Haji 2016  
 

Internasional

30 Juta Anak Indonesia Pen...

  30 Juta Anak Indonesia Pengguna Internet Aktif TA...

Demo Nelayan...

Nelayan tradisional berunjukrasa di Kantor DPRD Kota ...

Polisi Tembak Mati Pelaku ...

Kapolresta Medan Kombes Mardiaz melihat petugas Ident...

Calhaj Sumut Siap Berangka...

PETUGAS HAJI: Gubsu HT Erry Nuradi diabadikan bersama...

JoomlaXTC NewsPro - Copyright 2009 Monev Software LLC

Portal Harian Waspada