Top Stories

Dukung Indonesia Sebagi Poros Maritim Dunia
Philips Terangi Enam Desa Tanpa Listrik Di Sumut
Rasa Sejahtera Masyarakat Indonesia Menurun
Sektor Maritim Pengaruhi Ekonomi RI
HIPMI Sumut Akan Gelar Musda Ke XVI

Opini

Inflasi Sumut Meningkat Sesuai Polanya

MEDAN (Waspada): Inflasi Sumatera Utara yang meningkat cukup tinggi mencapai 1,01 persen di ...

Pemerintah Terus Dorong Pertumbuhan Ekonomi

MEDAN (Waspada): Pemerintah terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2018 m...

Dukung Indonesia Sebagi Poros Maritim Dunia

MEDAN (Waspada): Para Pilot Maritim Asia Pacific mendukung Program Pemerintah R.I sebagai Negara Por...

Philips Terangi Enam Desa Tanpa Listrik Di Sumut

MEDAN (Waspada): Philips Lighting Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) "K...

Rasa Sejahtera Masyarakat Indonesia Menurun

JAKARTA (Waspada): Perasaan sejahtera masyarakat Indonesia menurun. Hal itu dipicu perasaan khawatir...

Sektor Maritim Pengaruhi Ekonomi RI

BALI (Waspada) : Ketidaknyamanan maritim dapat mempengaruhi pendapatan ekonomi suatu negara khususny...

HIPMI Sumut Akan Gelar Musda Ke XVI

MEDAN (Waspada):  Badan Pimpinan Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Uta...

Mimbar Jumat

Inflasi Sumut Men...

MEDAN (Waspada): Inflasi Su...

Pemerintah Terus ...

MEDAN (Waspada): Pemerinta...

Dukung Indonesi...

MEDAN (Waspada): Para Pilot Maritim...

Philips Terangi ...

MEDAN (Waspada): Philips Lighting I...

Lentera

Inflasi Sumut Men...

MEDAN (Waspada): Inflasi Su...

Pemerintah Terus ...

MEDAN (Waspada): Pemerinta...

Dukung Indonesi...

MEDAN (Waspada): Para Pilot Maritim...

Philips Terangi ...

MEDAN (Waspada): Philips Lighting I...

Lentera Ramadhan

Inflasi Sumut Men...

MEDAN (Waspada): Inflasi Su...

Pemerintah Terus ...

MEDAN (Waspada): Pemerinta...

Dukung Indonesi...

MEDAN (Waspada): Para Pilot Maritim...

Philips Terangi ...

MEDAN (Waspada): Philips Lighting I...

Banner
Dukung Indonesia Sebagi Poros Maritim Dunia
Articles | Ekonomi
Written by Wantana on Wednesday, 06 September 2017 09:02   
Share


MEDAN (Waspada): Para Pilot Maritim Asia Pacific mendukung Program Pemerintah R.I sebagai Negara Poros Maritim Dunia melalui perairan yang dimilikinya. Dukungan Negara-negara asing itu tercantum dalam deklarasi Bali yang merupakan hasil dari pertemuan para Pilot Maritim se Asia Pacific yang pertama,  di Dynasty Hotel & Resort Bali Indonesia.

 


“200 peserta dari berbagai Negara – Negara Asia Pacific yang hadir dalam forum itu: Korea Selatan, Jepang, China, Australia, New Zealand, Philippina, Papua New Guinea, Malaysia, Taiwan, Singapore, Hongkong, Vietnam, Canada, dan Indoenesia sebagai Tuan Rumah secara bulat mendukung program pemerintah RI itu..

President Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) Pasoroan Herman Harianja didampingi Capt. Medi Kusmana, M.Mar selalu Ketua Panitia Pelaksana dalam penjalasan, Selasa (5/8) mengatakan, pertemuan para pilot maritime Asia Pacific itu mengambil tema : “The Role of Maritime Pilots for Maritime Sustainability.”

Menurut Herman pertemuan : “The 1st Asia Pacific Maritime Pilots’ Forum” dibuka President  - International Maritime Pilots’ Association (IMPA) Capt. Simon Pelletier, bertujuan menyatukan persepsi tentang maritime safety dan turunannya an kerjasama di berbagai sektor dalam rangka mewujudkan kawasan maritim yang safe, secure, good order terhadap kapal – kapal yang keluar/masuk pelabuhan, dan alur pelayaran dan perairan penting lainnya.

Sedangkan President IMPA Capt. Simon Pelletier dari Canada dalam keynote speech menjelaskan tentang peran Maritime Pilots sangat penting mendukung perdagangan dunia, nasional dan lokal. “Karena ditangan para Maritime Pilots setiap hari  ribuan kapal – kapal berbagai jenis, ukuran di tangani secara professional tanpa mengenal waktu, bahkan cuaca dan kondisi laut lainnya,” tegasnya.

Simon juga mengatakan bahwa prioritas utama International Maritime Pilots’ Association (IMPA) saat ini adalah agar organisasi profesi ini tetap kuat dan dihormati, untuk itu para pilot  harus bisa bekerja sama dengan pihak memiliki keterkaitan dengan sektor keselamatan, keamanan maritim seperti IMO secara Internasional.

Senada dengan itu, Herman selaku President Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) dalam sambutan keynote speechnya mengatakan, Maritime Pilots saat ini menghadapi tantangan global, regional dan nasional baik itu menyangkut informasi, teknologi maritim dan perkapalan, infrastruktur, suprastruktur, regulasi maritim serta pola perdagangan dunia. mengharuskan maritime pilots mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan tantangan dan perubahan itu dan tetap mengedepankan azas maritime safety, maritime security, maritime sustainability ketika sedang melaksanakan tugasnya.

Herman mengatakan, “industri maritim hari ini juga menghadapi yang disebut VUCA, yaitu Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity. Hal itu mengharuskan semua insan maritim terus belajar meningkatkan kapasitas; pengetahuan, pengalaman, keterampilan/keahlian dan awareness serta terus melakukan kolaborasi dan networking dengan berbagai profesi terkait dengan pelaksanaan tugas.

Menurutnya keterampilan soft skill menjadi hal yang sangat penting untuk menghadapi dan mampu beradaptasi dan berkembang di era yang disruptif ini, selain dari hard skill.Pertemuan tiga hari itu diisi dengan berbagai kegiatan sharing session dengan pembicara ahli dari luar dan dalam negeri antara lain; Korea Selatan, China, Australia, New Zealand, Singapore, Malaysia, Hongkong, Philippina, Taiwan, Papua New Guinea, Vietnam sedangkan dari Indonesia dari Kemenhub Kasubdit Pemanduan & Penundaan Kapal, Pelindo I, tentang Pemanduan Selat Malaka, Pelindo II, Pelindo III/PMS, serta teknologi maritim untuk Pilotage yaitu dari INNOVEZ One.

Herman menjelaskan,    lima Butir Deklarasi Bali menjadi output penting dari pertemuan itu diantaranya: Peserta forum sepakat untuk mendirikan regional forum yang dinamai Asia Pacific Maritime Pilots’ Forum dengan tujuan sebagai forum untuk Maritime Pilots.Untuk meningkatkan profesionalisme dan sustainability maritime pilots, forum mendukung keselamatan maritime pilots setiap negara regional melalui Peningkatan komunikasi yang intens dengan Pemerintah di negara masing – masing anggota, Badan Internasional dan stakeholder terkait lainnya.

Selain itu Forum sepakat mengadakan pertemuan dua tahun sekali secara bergantian di negara peserta.. Meningkatkan kerjasama Maritime Pilots di bidang informasi, pengetahuan, pengalaman, keterampilan, teknologi dan benchmarkingindustri guna peningkatan kapasitas dan profesionalisme maritime pilots di kawasan Asia Pacific yang pada akhirnya ada standard pelayanan peningkatan efesiensi dan efektifitas untuk mendukung industri pelayaran global dan kawasan regional.
Serta mendukung Program Pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan peran maritimnya terutama dalam keselamatan, keamanan, dan kenyamanan maritim bagi kapal-kapal yang lalu lalang lewat perairannya (sebagai poros maritime dunia). Sedangkan Pertemuan Kedua Asia Pacific Maritime Pilots’ Forum disepakati akan berlangsung  Oktober 2019 di Sidney dimana Australia sebagai Tuan Rumah. Forum juga sepakat  untuk mendirikan Sekretariat bersama di Indonesia. Forum secara resmi ditutup President Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) Pasoroan Herman Harianja didamping Ketua Delegasi/Anggota,  Ketua Panitia Pelaksana, Ketua DPW I, II, III, IV dan V INAMPA. (m35/C)



 

Internasional

PCDM Dorong Transformasi M...

MEDAN (Waspada): Tingginya minat masyarakat unt...

Inflasi Sumut Meningkat Se...

MEDAN (Waspada): Inflasi Sumatera Utara yang ...

Pemerintah Terus Dorong Pe...

MEDAN (Waspada): Pemerintah terus berupaya m...

Dukung Indonesia Sebagi...

MEDAN (Waspada): Para Pilot Maritim Asia Pacific mend...

JoomlaXTC NewsPro - Copyright 2009 Monev Software LLC

Portal Harian Waspada